gaya hidup | konsultasi kesehatan

  • 0

gaya hidup | konsultasi kesehatan

Category : Uncategorized

Artikel kesehatan mei 2015

insomniaIbu dokter yang terhormat, saya ibu Ketty (60 tahun) mau bertanya tentang kondisi saya beberapa  waktu terakhir. Saya akhir-akhir ini sering mengeluh sulit tidur, baik baru memulai tidur maupun tidur kembali setelah terbangun. Ketika saya bercerita kepada teman-teman saya, kata mereka saya punya beban pikiran, padahal menurut saya, keadaan saya baik-baik saja, artinya tidak ada beban pikiran yang berat. Yang ingin saya tanyakan 1) Kira-kira apa yang menjadi penyebab saya sulit tidur? 2) Apa yang harus saya lakukan supaya keluhan ini terkurangi? 3) Untuk orang seusia saya, kira-kira gaya hidup yang bagaimana yang seharusnya saya terapkan? Sekian, terima kasih atas penjelasannya.

Jawaban

Ibu Ketty yang baik hati, pertanyaan ibu luar biasa, karena ibu tidak membiarkan begitu saja kehidupan di usia senja terlewati tanpa kenyamanan. Tidur adalah bagian dari kebutuhan hidup sehat. Saya akan mulai menjawab pertanyaan ibu dari pertanyaan yang ke-3 tentang gaya hidup. Gaya hidup yang baik adalah gaya hidup yang mengupayakan diri kita tetap berada dalam keadaan sehat baik secara fisik maupun psikologis. Gaya hidup yang baik ini dapat ditempuh dengan menjaga pola makan, pola tidur, olah raga dan menghindari stress. Artinya dalam hal mengkonsumsi makanan hendaklah makan sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai keinginan, tidur yang cukup, olah raga yang sesuai dengan kemampuan tubuh dan berusaha menerima segala kenyataan hidup sebagai bagian dari dinamika kehidupan, bukan sebagai beban hidup. Mengenai keluhan susah tidur memang bisa dikaitkan dengan beban psikologis yang kadang-kadang tidak dirasakan oleh yang bersangkutan. Namun demikian, beban psikologis bukan satu-satunya penyebab. Sulit tidur bisa juga disebabkan oleh makanan, minuman atau obat-obatan yang dikonsumsi. Selain itu, sulit tidur juga bisa disebabkan oleh factor lingkungan, misalnya suhu lingkungan yang panas atau dingin, atau juga lingkungan yang kurang tenang. Untuk menghadapi kondisi ini, silahkan ibu mencoba untuk mencari penyebabnya. Jika dalam waktu dekat ini ibu mengkonsumsi obat-obatan, silahkan dikonsultasikan kepada dokter yang merawat mengenai efek samping dari obat itu, untuk mendapatkan solusi yang tepat. Namun bila ibu tidak sedang mengkonsumsi obat apapun, maka perlu juga diupayakan suasana lingkungan yang lebih tenang dan lebih nyaman, untuk mengurangi kemungkinan penyebab sulit tidur. Perlu dipertimbangkan juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, untuk mendapatkan ketenangan batin. Upaya ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan sulit tidur. Demikian, semoga penjelasan ini bermanfaat bagi penanya maupun pembaca. Amiiin


Leave a Reply