Sejarah

Bismillahirrohmaanirrohiim

http://www.sabilillah.or.id/wp-content/gallery/galery/gedung-sabilillah.jpgDengan nama Allah yang maha pengasih dan penyayang, segala puji bagi Allah penentu keputusan akhir yang maha adil dan maha bijaksana, shalawat salam semoga tercurah kepada Rasulullah Saw. beserta keluarga dan sahabatnya, mudah-mudahan kita tergolong ummatnya.

YAYASAN SABILILLAH adalah lembaga sosial keagamaan, yang berkantor pusat di Surabaya. Sejarah Yayasan berasal dari Panti Asuhan Sabilillah secara resmi berdiri pada tanggal 1 Juni tahun 2004 berinduk pada Yayasan Ulul Albab kota Mojokerto.

Mengingat perkembangan situasi dan kondisi pada tanggal 09 Agustus tahun 2007 di hadapan Notaris Bapak Machmud Fauzi SH. di lakukan perubahan nama menjadi Yayasan Panti Asuhan Sabilillah.

Demi menggapai Rindho Allah yang lebih baik dan dalam rangka memperluas ruang gerak yang lebih optimal berkaitan perjuangan keumatan maka identitas Yayasan Panti Asuhan Sabilillah di sempurnakan menjadi Yayasan SABILILLAH.

Para pengurus Yayasan SABILILLAH dalam rumusan maksud dan tujuan serta visi-misinya memunyai komitmen yang sama yakni berjuang dan berkarya membantu kaum lemah, baik lemah dari sisi ekonomi maupun lemah dari sisi ilmu pengetahuan Khususnya anak-anak yatim piatu dan dhu`fa.

Kita menyadari bahwa anak-anak tidak sepenuhnya mampu menyerap nilai-nilai positif dari lingkungan lingkungan sekitar. Adalah menjadi tugas kita bersama untuk meletakkan benteng yang kokoh dalam membentuk kepribadian mereka agar menjadi pribadi-pribadi yang kuat lagi bermartabat.

Karenanya, dalam rangka menyikapi kondisi tersebut, Yayasan SABILILLAH berusaha menjadi mediator atau fasilitator akan kebutuhan anak-anak khusunya dan masyarakat umumnya , yang keadaannya kurang beruntung.

Maka dengan menyanjung nama Allah yang Maha Besar, segala syukur kepada-Nya dan salawat kepada Nabi Muhammad saw beserta keluarganya yang suci, kami dirikan Yayasan ini untuk berupaya menyatukan visi-misi dengan dasar ajaran agama Islam yang membebaskan. Agama yang terbuka, egaliter dan non sektarian. Kami berupaya melakukan perubahan-perubahan walau masih bernilai kecil namun mudah-mudahan bermanfaat bagi umat.

Sungguh kami menyadari bahwa kami hanyalah suatu bagian dari sekian banyak bagian, kami hanyalah suatu yayasan dari sekian banyak yayasan yang juga berjuang untuk hal yang sama. Maka, kami ingin menjalin kerjasama dan ukhuwah yang erat dengan berdasarkan pada keterbukaan untuk menuju suatu pemberdayaan umat.

Akhirnya, langkah yang kami ayunkan sangatlah tergantung kemampuan dan daya jangkauan kami untuk menapak. Mungkin upaya kami ini bukan yang terbaik, tetapi dengan izin dan pertolongan Allah kami ingin menjadi yang terbaik. Akhirnya hanya kepada Allah lah kami berserah dan bertawakkal.